Inilah Jahatnya Roti Tawar Putih, JAUHI !

Roti tawar adalah salah satu makanan alternatif yang sering dikonsumsi orang sebagai pengganti sarapan. Rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan membuat banyak orang mengonsumsinya setiap hari.

Tapi tahukah anda kalau roti tawar adalah makanan yang berbahaya bagi kesehatan? sejumlah peneliti bahkan menyebut sering makan roti tawar dapat menyebabkan kematian

Dilansir dari situs kesehatan Boldsky, sejumlah peneliti merekomendasikan konsumen untuk menghindari roti tawar atau setidaknya mengurangi asupannya.



Berikut ini 8 alasan mengapa anda harus menjauhi roti tawar:

1. Tidak ada nutrisi

Roti tawar hanya mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan perut dengan cepat. Tapi kandungannya sama sekali nol nutrisi. Menjadikan roti sebagai sarapan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Kadar sodium tinggi

Kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan memicu sejumlah penyakit seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Roti memiliki kandungan sodium/natrium atau garam yang sangat tinggi. Mengonsumsinya sama saja dengan membiarkan garam masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak.

3. Membuat gemuk

Roti mengandung banyak kalori yang dapat menambah berat badan dengan cepat. Sehingga mengonsumsi roti di pagi dan sore hari dapat menggemukkan badan dengan cepat. Dan seperti kita tahu kegemukan adalah salah satu sumber penyakit yang harus dihindari.

4. Tidak membuat kenyang

Antara roti tawar dan roti gandum, mana yang akan Anda pilih? Mayoritas dari Anda pasti akan memilih roti tawar karena rasanya lebih enak. Ya, memang benar. Namun, ternyata roti tawar tidak dapat mengenyangkan. Anda harus mengambil beberapa buah roti, barulah Anda merasa kenyang.

5. Mengandung protein 'jahat'

Gandum memiliki protein 'jahat' yang disebut glutten dalam jumlah yang sangat tinggi. Protein ini sudah masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari di negara-negara maju. Glutten dapat menyebabkan timbulnya penyakit seliaka, suatu penyakit yang menyebabkan perut terasa sakit setelah mengonsumsi makanan.

6. Tinggi karbohidrat

Para ahli mengatakan bahwa semua makanan yang terbuat dari roti memiliki jumlah karbohidrat yang sangat tinggi. Jika Anda terus mengonsumsinya, bisa-bisa Anda mengalami overdosis karbohidrat. Hal ini akan menyebabkan Anda mengalami kabut otak yang dapat menurunkan fungsi kognitif.

7. Meningkatkan kadar gula dalam darah

Pati dalam roti akan terpecah sangat cepat ketika memasuki saluran pencernaan dan akan memasuki aliran darah menjadi glukosa. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin melonjak dengan cepat.

8. Mengandung sirup jagung fruktosa

Sebagian jenis roti pasti mengandung sirup jagung fruktosa dalam jumlah yang tinggi, seperti makanan olahan. Jenis gula ini memberi dampak buruk pada kesehatan Anda.

Roti tawar adalah salah satu makanan olahan yang banyak digemari orang. Sayangnya dalam proses pembuatannya makanan ini lebih banyak buruknya daripada manfaatnya.

Jika anda seorang penggemar roti, lebih baik pilihlah roti gandum yang jauh lebih bermanfaat. Meskipun harganya lebih mahal dan rasanya agak hambar, roti gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika anda merasa artikel ini memberi manfaat, silahkan Like dan bagikan informasi ini ke teman yang lain.