Bukan Hanya Daging Merah, Bahan-Bahan Disekitar Kita Ini Juga Menyebabkan Kanker, Bantu Sebarkan!!

Beberapa waktu yang lalu lembaga kesehatan dunia WHO mengeluarkan rilis yang mengejutkan publik yakni bahaya daging merah, sosis dan aneka jenis daging olahan yang dapat menyebabkan kanker.

Akibat rilis tersebut banyak orang yang mulai ragu dengan beberapa jenis makanan dan bahan-bahan di sekitar mereka, apakah juga berbahaya atau tidak.

Penyakit seperti tumor dan kanker adalah ancaman yang sangat berbahaya di abad ini. Selain belum ada obat paten untuk menyembuhkannya, metode yang bisa disediakan oleh medis juga sangat mahal dan kadang hasilnya tidak memuaskan.


Menurut para ahli, kanker dan tumor tidak disebabkan oleh makanan saja. Ada beberapa pemicu lain seperti faktor genetis, merokok, paparan radiasi, dan lain-lain. Bahan-bahan ini disebut dengan istilah zat karsinogen yaitu bahan yang dapat memicu ataupun mendorong terjadinya kanker.

Berikut ini beberapa bahan yang ada disekitar kita yang bersifat karsinogen dan menyebabkan kanker:

1. Plastik pembungkus makanan

Plastik adalah bahan rumah tangga yang mengandung bisphenol A (BPA), sebuah senyawa kimia pemicu kanker. Struktur kimia zat ini mirip dengan hormon estrogen pada wanita dan diketahui dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan, terutama untuk anak-anak muda.

2. Struk belanja

Selain plastik, BPA juga ditemukan dalam struk belanja yang biasa digunakan oleh supermarket untuk mencetak belanjaan konsumen. Struk belanja diproduksi menggunakan kertas thermal yang sama dengan plastik dibuat menggunakan BPA.

Jika anda memegang kertas struk selama 10 detik maka anda telah memindahkan 2,5 mikrogram BPA dari struk ke jari anda. Dan jika anda menggosoknya ke kulit maka terjadi perpindahan sebanyak 15 kali lipat.

3. Tiket bioskop

Kertas thermal juga digunakan untuk mencetak tiket bioskop. Kandungan ini terlacak dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Analytical and Bioanalytical Chemistry edisi bulan September 2010. Jika terakumulasi hingga jumlah tertentu, BPA dalam kertas-kertas tersebut bisa memicu impotensi pada pria.

4. Bahan penambal gigi

Amalgam adalah salah satu bahan penambal gigi yang mengandung mercury dimana zat ini diketahui sebagai salah satu zat karsinogen yang kuat memicu kanker. Senyawa dalam bahan ini dapat lepas jika sering bereaksi dengan air liur. Meski demikian beberapa ahli menyebut kadarnya masih cukup aman meski tidak direkomendasikan pada ibu hamil.

5. Pembungkus pizza

Bagi anda yang sering pesan antar pizza perlu mewaspadai kertas pembungkus pizza yang juga dibuat dari kertas thermal. Sebagaimana dijelaskan di atas kertas ini mengandung BPA yang memicu kanker.

6. Tisu toilet

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Denmark dan ditemukan bahwa kertas toilet dibuat dari kertas daur ulang dimana beberapa pabrik diisukan menggunakan jenis kertas yang mengandung BPA.

7. Teh Sachet (teh celup)

Anda yang senang minum teh sachet perlu hati-hati dengan kandungan kertas yang anda celupkan bersama teh ke dalam air panas. Kertas pada sachet teh diketahui mengandung klorin yang merupakan pemicu kanker.

8. Makanan kalengan

Semua jenis makanan yang telah diawetkan mengandung zat karsinogen yang bertambah banyak dengan lapisan dalam kaleng untuk mengawetkan makanan tersebut yang juga dikemas dalam lapisan platik yang mengandung BPA. Hal yang sama juga ditemukan pada semua jenis kaleng minuman bersoda.

9. Bekas botol air mineral

Beberapa diantara kita mungkin sering menggunakan ulang bekas botol air mineral dan menaruhnya di dalam mobil. Kebiasaan ini sangat tidak sehat sebab bahan plastik pada botol tersebut yakni polyethylene terephthalate atau PET mengandung zat karsinogen pemicu kanker.

Botol air mineral sebaiknya diisi ulang maksimal dua kali saja dan harus ditaruh di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung atau dalam ruangan yang panas seperti dalam mobil.

Kebiasaan membersihkan botol air mineral juga dapat membuat lapisan plastik jadi rusak dan bercampur dengan air yang kita minum. Lebih baik membeli air mineral baru daripada memakainya berulang-ulang.

10. Air kolam renang

Anda yang hobi berenang terutama di kolam renang umum perlu berhati-hati karena air kolam biasanya dibersihkan menggunakan klorin yang dapat memicu kanker.

Klorin memang digunakan untuk membersihkan kolam dari kuman tapi jika masuk ke dalam tubuh, entah itu karena terminum melalui mulut atau terserap melalui pori-pori kulit, dapat menyebabkan terjadinya mutasi DNA secara permanen di dalam tubuh.

11. Teflon

Teflon adalah wajan anti lengket yang sangat disukai oleh para ibu karena memudahkan pekerjaan. Sayangnya kandungan kimia dalam wajan ini yaitu PFOA dapat memicu terjadinya kanker. Zat ini akan bereaksi jika suhu wajan sangat panas atau lapisan luarnya rusak/tergores.


Masih banyak bahan-bahan lain yang kerap kita gunakan dan bersifat karsinogen. Selain menghindari penggunaan bahan-bahan tersebut semaksimal mungkin, anda juga bisa terhindar dari kanker dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan rajin olahraga. Gaya hidup sehat dapat membantu proses detoksifikasi dan mengeluarkan zat berbahaya dari dalam tubuh.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman anda yang lain agar semakin banyak orang yang mengetahui dan waspada dengan bahan-bahan tersebut di atas.