PEREMPUAN WAJIB TAHU!!! Seperti Inilah Olahraga yang Baik Saat Haid

PEREMPUAN WAJIB TAHU!!! Seperti Inilah Olahraga yang Baik Saat Haid - Olahraga yang baik saat haid adalah olahraga yang memiliki manfaat mengurangi rasa nyeri saat haid yang terjadi. Apa saja olahraga yang baik dan dapat dilakukan saat haid? Berikut ulasannya.

Olahraga yang Baik saat HaidApakah kita boleh melakukan olahraga saat haid? Jawabannya tentu saja boleh, tidak ada larangan untuk berhenti berolahraga walaupun sedang haid. Berolahraga merupakan aktivitas sangat disarankan untuk dilakukan saat sedang haid.

Inilah Olahraga Yang Baik Saat Haid

Aktivitas olahraga bermanfaat saat haid karena saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membantu untuk mengurangi kram perut, stres, sakit kepala dan nyeri yang berkaitan dengan gejala yang muncul saat haid.

Hormon endorphin menghasilkan efek antinyeri alami dan dapat membantu mengurangi prostaglandin, yakni senyawa kimia yang menyebabkan kontraksi otot saat haid. Selain itu, olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga dapat membuat tubuh tetap segar selama haid berlangsung.
Berikut beberapa aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan saat haid:

1.Peregangan
Peregangan termasuk aktivitas olahraga. Peregangan bisa dipilih oleh Anda yang sedang mengalami gejala haid sangat berat sehingga tidak dapat melakukan aktivitas olahraga lain karena rasa nyeri yang dirasakan. Lakukan peregangan saat berdiri atau berbaring dibarengi dengan mengatur napas secara teratur.

2.Lari
Hormon endorphin yang dikeluarkan saat berlari bisa membantu Anda mengurangi rasa tidak nyaman dan rasa nyeri yang Anda rasakan saat haid. Namun, perlu Anda perhatikan untuk menjaga asupan cairan saat melakukan aktivitas berlari ini karena saat haid rentan terjadi dehidrasi.

3.Yoga
Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat saat haid karena dapat membantu tubuh berelaksasi dan mengurangi gejala stres yang terjadi.

4.Berjalan
Berjalan merupakan aktivitas olahraga yang ringan sehingga dapat dilakukan saat haid berlangsung tanpa menambah rasa nyeri. Selain itu, dengan melakukan gerakan berjalan, sirkulasi darah di dalam tubuh juga akan lancar.

5.Aerobik
Latihan aerobik juga bermanfaat saat haid dan juga bagi kesehatan secara umum. Hal ini disebabkan karena aerobik dapat mengoptimalkan kadar oksigen di dalam tubuh.
Lakukanlah olahraga secara rutin, bukannya saat haid saja. Lakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu selama 30 menit untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.