Cara Mencegah Orang Lain Memasukkan Kita ke Grup-Grup Aneh di Facebook

Pasti diantara kita banyak yang kesal karena sering dimasukkan ke dalam grup yang tidak jelas asal-usulnya. Fenomena ini memang sedang booming dan cukup merisaukan karena Facebook tidak menyediakan fitur konfirmasi kepada pengguna apakah bersedia masuk ke grup tersebut atau tidak.

Biasanya kita baru sadar telah dimasukkan ke dalam grup tersebut setelah muncul notifikasi bahwa salah seorang kawan FB kita telah memasukkan kita ke dalam grupnya.

Setelah kita konfirmasi langsung ke orang yang bersangkutan ternyata dia sendiri tidak menyadari telah memasukkan kita ke grup tersebut.



Jika kita perhatikan pada umumnya grup tersebut dikelola oleh orang asing dari negara Vietnam atau Thailand. Admin grup tersebut menyebarkan v1rus sehingga tanpa disadari FB korban telah dikuasai dan menginvite banyak orang ke grup tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika seorang teman memasukkan ke grup tak jelas seperti itu?

Jika kejadian ini menimpa anda maka berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan:

  1. Cek nama-nama Admin grup tersebut. Caranya Klik MEMBER trus pilih Admin. Nanti akan muncul siapa saja orang yang menjadi admin grup tersebut. Biasanya nama orang asing dari Vietnam. Blokir nama-nama tersebut agar tidak bisa menargetkan akun facebook anda.
  2. Buka group tersebut lalu klik LEAVE GROUP dan beri centang pada bagian "cegah anggota lain untuk menambahkan Anda”.
  3. Setelah itu, laporkan group tersebut ke Facebook. Caranya klik REPORT GROUP dan pilih bagian Spam or a scam. Facebook akan memoderasi grup tersebut dan kemungkinan besar akan dihapus jika banyak yang melaporkannya.
  4. Cek orang yang telah menambahkan anda ke grup tersebut dan segera blokir atau remove as friend karena akun tersebut telah terinfeksi m4lware. Jika akun tersebut kepunyaan teman akrab atau keluarga, hubungi dia dan minta menghapus applikasi-aplikasi yang mencurigakan.
  5. Bila anda tidak menghapusnya sebagai teman, maka besok-besok dia akan menambahkan anda lagi ke grup yang lainnya dan jika tidak waspada akun facebook anda pun bisa-bisa terinfeksi juga.
  6. Jangan penasaran dengan postingan atau tautan dalam grup tersebut karena berisi link menuju website luar yang akan menginfeksi akun FB anda juga.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan bagikan ke teman-teman yang lain yang membutuhkan.